Beranda » tips karir » Cara Memilih dan Menentukan Tofik Pidato

Cara Memilih dan Menentukan Tofik Pidato

Dilihat 525x | Tags tips karir,

Cara Memilih dan Menentukan Tofik Pidato September 2017

Cara Memilih dan Menentukan Tofik Pidato - Langkah pertama, memilih pokok persoalan yang akan dibicarakan dalam pidato itu dan tujuan umum serta khusus yang hendak dicapai. Kedua hal itu dapat dilakukan sebagai berikut;

  1. Dalam hal pemilihan topik pidato banyak pembicara menghabiskan waktunya untuk mencari dan memilih pokok persoalan yang bisa dijadikan topik pidato. Topik itu sangat banyak seperti masalah politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, clan sebagainya. Memilih topik pembicaraan sangat berguna untuk mewujudkan adanya pertalian dan perhatian hadirin dengan pembicaranya. Bagaimanapun, kita harus mampu memanfaatkan waktu dan tenaga untuk mengkaji dan mengorganisasikan topik pembicaraan itu, sehingga bisa memperoleh beberapa hal yang bernilai, baik dari topiknya itu sendiri maupun dari penerapan prinsip pidatonya.
  2. Jika awal pidato adalah membujuk, dalam upaya memengaruhi sikap dan atau perilaku hadirin, lebih baik kita memilih topik pem bicaraan yang disetujui bersama oleh kita dan hadirin, serta yang lebih memperkuat sikap hadirin yang timpak ketimbang mengubahnya. Atau kita harus memilih topik tentang hal yang bersifat netral dan membujuk hadirin agar merasa lebih baik seperti apa yang kita rasakan. Tentukan batasan dan ketajaman topik pembicaraan kita itu dengan proporsi yang bisa diatur. Jangan mencoba-coba mencakup aspek terlalu banyak. Lebih baik mengambil topik yang terbatas pada satu aspek yang mendalam ketimbang memilih topik yang luas cakupannya namun dangkal pembahasannya.- Kumpulan Contoh Pidato
  3. Dalam hal Penajaman tujuan pidato, umumnya ada tiga tipe pidato. Tipe pidato yang dipilih tergantung pada tujuan kita ber pidato, meskipun tidak mudah menarik garis perbedaan dari ketiga tipe itu. Perbedaan dimaksud lebih didasarkan pada tujuan praktis dan pendidikan ketimbang disebabkan oleh bentuknya yang jelas tampil. Ketiga tujuan pidato dimaksud adalah memberitahu, membujuk, dan mengisi mata acara pada upacara-upacara tertentu. Pidato informatif (bertujuan memberi tabu) dirancang untuk men ciptakan pengertian dalam arti menjelaskan, memberi penerangan, memperbaiki kesalahpahaman, mendemonstrasikan bagaimana sesuatu bekerja atau dikerjakan, menjelaskan bagaimana sesuatu disusun. Dalam pidato informatif tersebut kita lebih banyak mengandalkan bahan-bahan yang berperan lebih menjelaskan, misalnya ilustrasi, definisi, kesaksian, peragaan, dan sebagainya. Oleh karena itu prinsip utama dari pidato tersebut berpusat pada aspek deskripsi, definisi, dan demonstrasi.
  4. Pidato dalam kesempatan yang khusus berisi unsur-unsur infor masi dan persuasi. Namun demikian cukup berbeda dalam hal penggunaannya. Dengan "kesempatan yang khusus" diartikan bahwa dirancang khusus bagi suatu upacara tertentu. Misalnya, untuk memperkenalkan pembicara atau kelompok pembicara lainnya, untuk memberikan penghargaan atau penghormatan kepada seseorang (tokoh, pejabat, dan sebagainya), institusi, atau peristiwa yang mungkin sangat penting, untuk menjamin budi baik (good will) seseorang, institusi, jalan hidup, clan pendiriannya. Pidato demikian seperti halnya pada saat kita memberikan apreslasi terhadap seseorang, sangat erat hubungannya dengan pidato persuasive.

Baca Juga :

Kumpulan Contoh Pidato


Keywords : Cara Memilih dan Menentukan Tofik Pidato,