Beranda » Cara Merawat AC (Air Conditioner) Mobil

Cara Merawat AC (Air Conditioner) Mobil

Dilihat 602x

Cara Merawat AC (Air Conditioner) Mobil September 2017

Cara Merawat AC Mobil - Air conditioner atau AC adalah piranti yang lazim ditemukan di mobil. Mobil-mobil modern kecil, seperti citycar pun sudah mulai dilengkapi AC yang handal. Padahal beberapa tahun sebelumnya, mobil-mobil kecil sekitar 1000cc agak kurang handal dipasangi AC, tapi ternyata perubahan teknologi mampu membuat AC bisa handal dipakai di mobil kecil. - Merk Mobil Baru dengan Harga Murah

Pendingin ruangan atau air conditioner (AC) sekarang banyak digunakan pada mobil-mobil penumpang yang membutuhkan kenyamanan. Di samping dapat mendinginkan ruangan, AC juga membawa akibat positif lainnya, yaitu terhadap faktor aerodinamika (aliran udara) pada permukaan badan mobil. Ini disebabkan karena jendela dan pintu harus ditutup pada waktu AC dihidupkan.


Jika Anda tidak ingin AC mobil Anda rusak, berikut ini beberapa langkah perawatan AC mobil :

  1. Baca buku manual penggunaan mobil. Disitu biasanya ada beberapa panduan yang harus dipatuhi untuk merawat AC. Di buku manual juga umumnya dicantumkan berapa umur standar dari komponen - komponen AC mobil, seperti kompresor, evaporator, selang dan lain sebagainya. Disitu anda disarankan untuk mengganti komponen tersebut tiap beberapa periode, sehingga AC tetap bisa berjalan dengan optimal.
  2. Serviskan AC dibengkel AC tiap setahun sekali. Sabuk penggerak kompresor perlu diinspeksi apakah ada kerusakan, dan kekencangannya juga harus disesuaikan. Level cairan pendingin juga harus dicek dan jangan sampai habis. Semua selang-selang juga harus dicek apakah ada pergeseran, gelembung, retakan atau kebocoran.Daftar Harga Mobil Baru Murah
  3. Anda harus selalu menjaga tekanan di pendingin AC dengan cara minimal menjalankan AC sebulan sekali selama 10 menit. Ini mencegah selang – selang mengeras dan sil menjadi rusak. Saat ini, Anda harus mengeset AC ke posisi paling dingin, dan kecepatan fan paling kencang.
  4.  Keringkan evaporator setelah Anda menjalankan AC untuk waktu yang lama. Jalankan defrost selama 5 – 10 menit untuk menghilangkan kelembaban yang tersisa. Ini juga mencegah bau yang tidak sedap di AC mobil Anda.

Keywords : ,