Beranda » penyakit tbc » Penyakit TBC dan Pengobatannya

Penyakit TBC dan Pengobatannya

Dilihat 287x | Tags penyakit tbc,

Penyakit TBC dan Pengobatannya September 2019

Penyakit TBC dan Pengobatannya  - TBC atau tuberculosis adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya. Baca Juga : Obat Stroke

Jenis tuberkulosis yang diderita oleh pasien sering kali merupakan infeksi TBC laten, di mana terdapat bakteri TBC yang “tertidur” atau belum aktif secara klinis. Bakteri TBC akan aktif dan mulai menunjukkan gejala setelah periode waktu tertentu, beberapa minggu bahkan beberapa tahun, tergantung kondisi kesehatan dan daya tahan pasien.

Jika pasien memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah (misalnya pada penderita HIV, kanker, atau pasien yang menjalani kemoterapi), maka TBC akan berkembang lebih cepat.

Penyebab TBC

Penyebab tuberkulosis adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang ditularkan dari orang ke orang melalui cairan tubuh yang masuk ke udara. Penularan TB terjadi ketika seseorang menderita batuk bakteri, berbicara, bersin, meludah, tertawa atau bernyanyi, sehingga cairan orang tersebut masuk ke tubuh orang lain. 

Tetapi bahkan jika tuberkulosis menular, biasanya tidak mudah untuk menulari orang lain. Kemungkinan besar Anda akan terinfeksi oleh seseorang yang hidup atau bekerja bersama sering, dan bukan oleh orang asing yang jarang bertemu. Kebanyakan pasien yang mengidap tuberkulosis selama setidaknya 2 minggu biasanya tidak lagi menularkan penyakit.

HIV dan TBC

Sejak tahun 1980-an, jumlah kasus tuberkulosis telah meningkat drastis akibat penyebaran HIV—virus penyebab AIDS. Infeksi HIV menyebabkan sistem imun jadi lemah, sehingga menyulitkan tubuh untuk mengatasi bakteri penyebab TBC. Akibatnya, orang-orang yang memiliki HIV jadi jauh lebih rentan terserang tuberkulosis daripada mereka yang tidak memiliki HIV.

Sumber : https://www.nutrinext.co.id/

Sistem Kekebalan Melemah

Sistem kekebalan yang sehat biasanya sanggup mengatasi bakteri TBC dengan baik, tetapi tubuh Anda tidak bisa melindungi dirinya sendiri dengan maksimal jika kekebalannya sedang lemah. Ada beberapa jenis masalah kesehatan, kondisi, dan pengobatan yang bisa melemahkan sistem kekebalan, misalnya: Gamat Mitoha

  • HIV/AIDS
  • Diabetes
  • Penyakit ginjal parah
  • Beberapa jenis kanker
  • Pengobatan kanker, termasuk kemoterapi
  • Obat untuk mencegah reaksi penolakan cangkok organ
  • Beberapa obat untuk artritis rematoid, penyakin Crohn, dan psoriasis
  • Malnutrisi (kurang gizi)Usia yang masih terlalu muda atau terlalu tua

Keywords : tbc, penyakit tbc, obat tbc,